Saturday 5 February 2011

adopted from : mutiara medina

enjoy the final part! :)

The Last Day – 13 Juli 2010

04.30 pagi. (inilah yg bikin saya jetlag sampe jakarta, 04.30 pagi-nya medan kan 03.30 paginya jakarta!)
Suara Royhan alias Pak Erte kedengeran dari kejauhan. Buset ni orang ga tidur apa?
Keluar dari tenda, masih gelaaapp.. banget. Tumben, mana nih panitia? Pasti semangat bangun paginya ikutan dibawa pergi sm Babeh cs.. hehehehe..
Rupanya suara ketawa2 dan suara orang ngebangunin itu datengnya dari api unggun (peraturan dilarang bikin api unggun udah dilanggar dari kmaren) di dket tenda kelompok 5. alamaaak ini orang2 malah pada begadang, si Chakil mana suaranya abis gitu..
Akhirnya demi mematuhi peraturan berangkat jam 5.30 ke Parapat (oh iye banget) gw pun membantu Royhan teriak, “Bangun, banguuunn!”

Sekitar jam5 udah mulai banyak yg bangun, tapi air sm listrik masih mati.. Akhirnya si Boboy lah turun tangan nyalain genset..
Sambil packing2, saatnya bakar ponco.. akhirnya ponco pinjeman dr Kak Aban gw relakan (maaf ya kak, abis udah kotor banget dan robek juga, nanti aku ganti deh :p) untuk dibakar..

Ujung2nya, kita berangkat jam9 lewat hampir 9.30.. (jyaaah.. ngaret kok pake banget), terus si Ershad gak ikut kita, dia harus ke Medan duluan (goodbye Ershad.. we’ll miss you! :) ). Kembali lagi kita satu tronton sama kelompok 2, dan Wayan serta Sultan kembali menjalin persaudaraan (senasib menjadi tumbal di kelompok masing2, hehehe..)
Dan akhirnya, popmie yang semalem cuma jadi tentengan, diseduh juga!! Menurut kesaksian Wayan “Sesungguhnya gw gak suka mie, gw cuma maka mie 6x setahun..” (hahaha. diitung coba, gak penting banget)

Perjalanan ke Kabanjahe gak lama (atau mungkin udah kecapekan ya, jadi gak kerasa), pokoknya tau2 kita disambut dgn bus pariwisata di depan SD yang menawarkan banyak jajanan.. langsung deh mental bocahnya keluar.. pada rame2 jajan x)

Dan di bus menuju Parapat gw gak boleh duduk sama Wayan soalnya Aris jeles, hehehe.. jadi gw duduk sama Rizal deh. Dan (mewakili teman2 yang laen) terkutuklah orang2 yang motret2 kami yang terkapar.. walaupun gw gak ketangkep kamera sih. Makanyaaa.. lindungi wajah anda saat tidur!! :)

ini adalah contoh yang baik tidur saat kecapekan..

dan ini... harap jangan ditiru. buat oline, please jgn benci akuu.. i love you! :*

Sebenernya di bus ada mesin karaoke, tapi sayang.. abangnya cuma punya lagu Armada dan berhubung gw hanya tau lagu Mau Dibawa Kemana, gw pun memberanikan diri nyamperin keneknya..
“Bang ada ST12?”
Si abang mencari. Lalu menggeleng dingin.
“Err.. kalo Peterpan?”
Si abang melototin gw kayak mau bilang ‘Lo udah liat sndiri kan koleksi album karaoke gw?! Pake nanya!’
Jadilah gw kembali ke tempat duduk dengan lemas, terpaksa mendengarkan Armada full album.. yoiii bangett..

Balik lagi ke perjalanan Kabanjahe – Parapat ini. Jalanannya kelok2 dgn supir Medan yang cem supir angkot itu, jadi kalo gak tidur dan ga tahan mabok ya kira2 ga bakal selamet. Untung gw tidur dengan pulas sampai tujuan^^V, gak kayak Aris yang ternyata mabok dan gak nanya ada apa di kantong doraemon gw. Ada antimo, tolak angin, bahkan salep pruritus ani aja ada.. :p

Pas mau makan siang di mess Kayu Aro, berhubung udah berhari2 dijatah, kalap kali ya anak2 liat prasmanan.. akhirnya dalam sekejap menu pun langsung abis.. Untung gw ngikut panitia ke mess satunya bersama Chakil, Aris, Dewi, David, Yosi, siapa lagi gw lupa, pokoknya menunya lebih enak laaahh.. Ikan danau, tongkol tauco, sm soto medan..

Beberapa menit kemudian kita udah dipanggilin ke dermaga, mau nyeberang ke Pulau Samosir.. berhubung tempat duduk di bawah penuh, menurut sabda Ki Wayan mari menyeberang ke perahu satunya (perahu panitia), tp belom juga menginjakkan kaki, udah diusir T___T, jadi akhirnya kita naik ke perahu lantai dua (kedengerannya keren ya, padahal sama skali nggak), tapi karena kita naik yg laen pun banyak yang ikut naek..
Padahal di lantai dua itu.. puanase rek! Setelah yakin bahwa sunblock yang kita pakai cukup untuk menepis semua sinar UV, barulah kita mulai nyantai di atas (mana baju Maladica ketinggalan, jadi pake baju TBM Aris deh.. hahaha. gw cukup yakin Aris ga gampang item kok.. :p)

lantai dua perahu artis pulau samosir..

Di tengah jalan kita diajak liat batu gantung (gimana sejarahnya ga ngerti jelas, pokoknya kata Zora itu perempuan yang dikutuk, dan nanti di Tomok ada Patung Sigale-gale, anak kecil yang dikutuk, aduh Zora seneng amat yak sm cerita kutukan). Sampe pulau Samosir, agak kecewa juga siii.. kirain ada pemandangan apa gtu, taunya wisata belanja (dan barang2nya sama kayak yg di Jogja atau di Bali)..
Jadi pas ada yg bilang ‘Ada show Sigale-gale’, kita bertiga (Gw, Wayan, Aris) langsung semangat. Apalagi si Wayan, pake lari2 (lari2nya sekalian menghindari Nurul sih, takut disuruh beli oleh2.. ayo ngaku!), terus ada anak kecil nunjukin jalan yang salah, emang ada sih Sigale-gale, tapi...
Kita bertiga pun ketawa ngakak. Rasanya kayak udah dijunjung tinggi eh dibanting ke tanah. Alay abis patungnya mana gak gerak.. hahahaha :D

Ternyata kita emang salah tempat sih, harusnya bukan belok kesitu. Ternyata harusnya ada Sigale-gale yang digerakin sama dalang terus kita turis2 pake ulos sambil ikutan joget.. ahahaha apaan sih x)

three musketeer di dpan Sigale-gale

Dari situ kita ke museum Batak, masih kosong ga ada orang, kitapun didandani oleh bocah2 cilik dengan kostum raja dan ratu batak (sok tau.. hahaha). Dari museum Batak, demi kewajiban terhadap orang2 yang saya tinggal di semarang, saya dan Tsaqyl pun beli oleh2.. jadi gak ikut ke makam Sidabutar deh (dan ngga tertarik ke makam juga sih, hehehe..)
Terus setelah Tsaqyl pergi masih juga nyari oleh2 sm dua bocah ini.. yg sama2 bukan mau nyari oleh2 tapi nyari barang buat diri sendiri... dasar.

Sebelum jam5 kita udah balik ke kapal, sesuai prediksi Aris, bakal ujan (kalo ini prediksi, karena liat langit mendung, bukan kayak Wayan yg ramalan :p).
Kita balik lagi ke mess, dan begitu saja rupanya wisatanya >___<
Tapi lumayan, di tengah jalan pulang, Wayan bersabda lagi : ayo naik ke dek depan kapal..
Pemandangannya lebih enak tapi dingiiiin bangett abis ujaaan...

Oh iya.. sehubungan dengan perdebatan kita : apakah benar danau Toba itu danau dan bukan laut, maka kamipun berniat membuktikannya dengan.. minum air danau toba! (lagi2 ide gila si Wayan)
Akhirnya, demi niat tersebut, Wayan pun rela nyiduk air sampe kepleset jadi gw, Aris, Boboy, dan Mirza bisa membuktikan bahwa Danau Toba itu danau.
Terimakasih, Bli. If it weren’t for you I wouldn’t have drank the water hehehe :)

Btw, Anita pulang duluan naik bis ke Medan. Slamat jalan Anita.. take care ya! :)

Sore itu berlalu sperti biasa, sampai akhirnya malam datang. Yak, malam penutupan.
Mana harus kasih persembahan segala lagi. Apa pulak..

Setelah pemutaran video penutupan (bagus videonya b^^d) dan sambutan serta pembagian sertifikat dan kenang-kenangan, tiba saatnya persembahan. Oke, might as well call it ‘mempermalukan diri sendiri dan menjatuhkan harga diri’. Gak sanggup nyeritainnyaa...
Dari mulai nyanyi lagu meaning, respon penonton gak bagus, puisi, lagu alay, puisi lagi, dan seterusnya.. aduuuh kenapa sih Pertamax lama2 disitu?! T____T

Udah gitu kelompok laen banyak yang gak ngasi persembahan lagi,, curang! Untung kelompok 5 nyumbang karokean juga, si Godek bersembunyi malu-malu dibalik gorden menyanyikan TITIP CINTA (buat Ucil).. pas mukanya ditutup gorden masih okelah.. pas keluar mukanya dari gorden.. amit-amit!!! hahahaha :D
(tuh Dek, udah kumasukin cerita kau disini..)
buat yg punya foto dan/atau video Godek a la artis India, mohon diupload :p :p
Abis itu panitia minta kita keluar ruangan, walaupun acara api unggun batal, ternyata masih ada fireworks dan bakar jagung.. tapi saat itu juga dalam hitungan jam kita akan saling berpisah..

akhirnya Wayan berhasil menangkap fireworksnya dalam foto! b^^d

Pada sedih yaaa harus pisah, setelah lebih dari seminggu bareng2 :’(
Apalagi malem itu Wayan pulang duluan, jadi Pertamax seperti kehilangan jiwanya (ayoo ngakuuu gak gw doang yang sedih, Aris juga, Boboy juga, Riri, Icha, Mirza, Wawan jugaaa..)

Pertamax (udah ga lengkap anggotanya :( ) dgn Gaya Wayan..

Anyway.. every meeting has its own ending. Soo happy that only in 7 days, I met great people and bestfriends like you guys! (and the rest also, gak cuma anak2 Pertamax)
Thankyouu for every moment we shared and every fun we had.. Terimakasih sudah membuat saya selalu senyum dalam 7hari terakhir ini :)
Maaf yaaa kalo saya orangnya suka seenak jidat, tapi bukan dengan maksud buruk kok^^

And.. last but not least..
Saya meminta maaf sebesar-besarnya telah memprovokasi (ini kata Wayan) orang-orang dan menjadikan Wayan sebagai tumbal dan icon Pertamax.. lagi2 tidak ada maksud buruk, just for fun dan seperti kata Wayan : gw heppy liat orang lain heppy! Hohoho :)

Semoga taun depan kita bisa ketemu lagi di Munas IX dan Jamnas XV di Bali! Ayooo janjian kesana, kalo gak ada halangan kita ketemu lagi..

Akhir kata.. Ayo semuanya pake gaya Wayan.. Gembungkan pipi, letakkan jari telunjuk di depan mulut, daaan... Pose!! See ya there ;)

nb : mungkin banyak yg mikir, aduuuh buat apa sih bikin kayak gini.. tp percayalah, suatu hari ketika space di otak kita sudah penuh, a memory lane like this would bring you back to those times.. walaupun mungkin banyak subjectivities, but at least this is my point of view of the journey :))