Saturday 5 February 2011

pendakian Merapi part 1

Berawal pada tanggal 6 Maret 2008,jam 4 sore setelah pulang dari ibadah di candi prambanan,ada rapat briefing terakhir untuk membicarakan perjalanan kita.sejujurnya awalnya aku tidak begitu mengetahui masalah seberapa jauh jalannya,soalnya aku hanya mengira bahwa perjalanan kita hanya samape ya pinggang gunung( ya sekedar leha2..biasa) yang sekedar bisa liat pemandangan dari tempat tinggi.Akhirnya sesuai dengan anggaran yang telah di sepakati kita masing2 membayar 20ribu rupiah. aku gak ada yang kenal satupun anggota2nya kecuali monita dan mas setyawan,pemanduku waktu hippocampoes(ospek anak 2007).tapi ada juga anak pertukaran pelajar dari sidney university australia yang lagi belajar di fakultas ilmu budaya UGM.selanjutnya tanggal 8 pagi saya menyewa peralatan seperti carrier,mantol,kantung tidur,tralala trilili... di salah satu penyewaan di deket kampus. sore pukul 16 aku udah dateng ke kampus dengan seabrek bawaan yang menurutku berat.biasa lah sebelum berangkat berfoto sayalaalaa dulu...haaa....,dengan cuaca sedikit mendung akhirnya kita berangkat naik truk ..ternyata peserta banyak,gak hanya dari kedokteran tapi juga ada dari MIPA, administrasi negara n ada juga dari kedokteran UMY, walaupun yang dari prodi pendidikan dokter Cuma tiga orang.aku,monita am mas..lupa dari 2006. Di jalan ngantuk banget soalnya lumayan jauh...aku sih rada2 ketiduran dan emang gak keliatan soalnya kita kan naik truk n gak bisa keliatan..orangnya ada 25an lebih kali..dijalan waktu kira2 setengah 7an mana ujan,becek gak ada ojek..(cinta laura holic).kita ke hujanan soalnya terpalnya bocor.

Nyampe juga jam 8an di kamp makan malam tempatnya di selo boyolali,kaki gunung merapi dan merbabu..hawa disini udah dingin banget soalny napas kita keluar embun..disini juga dengan kebetulan banget kita ketemu sesama anak pecinta alam yang mau mendaki merapi.mereka dari teknik,farmasi ama apa gitu aku kurang tempe.mereka udah duluan cabut naik gunung lebih cepat setengah jaman dari kita.
[1_176378808l.jpg]
jam sepuluhan kita berangkat..dibagi jadi dua kelompok.walawpun akhirnya jadi gabung.awalnya jalannya aspal...ternyata Cuma 100 meteran..biasa penipuan jiwa..kesan pertama memang menggoda...di perjalanan gak terlalu keliatan apa2 bener2 gelap,cuma bau pupuk kandang soalnya dikanan kiri ada kebun sayuran khas dataran tinggi. baru setengah perjalanan yang mungkin gak ada seperseratusnya dada udah kerasa sesak...soale dingin,nanjak,bawa carrier berat..yang udah sesek tambah sesek deh..tapi kayaknya sih itu respon fisiologis biar bisa dapet oksigen lebih banyak and timbal balik dari asidosis yang dialami tubuh. Upps..Monita tampaknya sudah gak tahan.kepalanya pusing berat..pegel..kita disuruh duluan,dia ditemeni ama kakak yang lebih punya pengalaman buat hal2 beginian..aku duluan ama mas setyawan ma arip,ma mbak betty,dll..rasanya jauh banget .n gak sampe22.padahal sampe pos 1 aja belum..mana di kanan kiri jurang lagi.senter udah mule nagantuk kriap kriep..mau tewas....mana gak bawa batere cadangan.senternya kecil banget.makanan udah mule menipis..soalnya aku gak terlalu persiapan. tak kira gak jauh.sampe di post 1 rasa seneng buakan main.kita istirahat ambil napas tiap lima belas menitan.rasanya haus banget.perjalanan ke post 2 jauh lebih susah soalnya lebih berbatu dan jurang semua jadi kayak jalan di jembatan bambu..biar menghibur diri aku metik2 daun di kanan kiri jalan.setelah melewati post dua..eh pos tiga jauh lebih berat batu2nya gede2 jadi kita harus sedikit manjat n turun batu so harus hati2 banget diar gak kepelleset masuk kloset...halah..!kalo udah ditas semua kelitan kayak puncak.tiap udah nyampe puncak yang dikira eh ada puncak lagi..itu yang bikin kita semnagat tapi juga kecewa.nyape di tempat teratas di pos 3 kamp terakhir sebelum sampe kepuncak tertinggi.kita sampe disini jam setengah empatan. Namanya kalo gak salah pasar burbah..murbah ataw apa gitu yang ada bah bah diujubgnya ini adalah titik pertemuan dari semua pendaki datri segala arah pendakian ke merapi.kita langsung mendirikan tenda.aku langsung pingin ceopet tidur..tapi sumapah dingin banget...aku pingin bisa istirahat setidajknya sempet nutup mata.n aku pingin bangun pagi biar bisa liat sunrise.t sebelumnya kita makan dulu..ada yang masak mie,tapi aku masak nasi ransum buat polisi pake parafin(sisa2 pengalaman dari TN)..trus aku bangun jam setengah enaman..mungkin Yuhan belu mengijin kan kita..ada awann yang nutupinn sunrise jadi sunrise agak tertutup n baru keliatan sempurna jam 6man saat sinarnya gak terlalu merah.abis ini kita naik lagi..tapi kali ini agak lega soalnya gak pake ransel..o ya aku nemuin tujuh kuburan disini yang kata penduduk itu adalah kuburan pendaki yang meninggal sata pendakian karena kasus hipotermia...rada2 jadi takut.kita langsung jalan untuk biar sampe puncak tertinggi yang ada kawahnya.puncak garuda.keliatan nya jalannya/puncajknya gak jauh..tapi ketutupan awan n kabut mana kemiringannya 70 derajat jagi kayak papan tegak gitu.batu semua n banyak batu lepas soalnya abis sisa letusan tahu n kemaren.sampe di tengah perjalannan rasanya an2 ada doi bawah kita jadi masih agak takut,tapi seneng soalnya pemandangannya gila inadah abis...gunung merbabu keliatan jelas banget.biasa aku melihat keatas untuk mandangin awan..sekarang awan yang harus ngeliat keataas mandangin kita.....awas nunduk..ternya ada kakak kelas yank gak sengaja nginjekl batu lepas...serr....jantung rasanya mencelos..ada batu ngeluncur dari tas .untuk gak kena ...n masih terang.jadi kita bisa berlindung.

Sampe ditengah ..tiba2 gak kelihatan apa2..kabut nutupin semuaa..sumpah sma sekali gak keliatan apa2...diwah diats dikiri di kanan kayaknya Cuma sendiri...jalan yang tadi miring 70 derajat sekarang jadi gak kelitan...rasanya takut banget..kayaknya ini ketakutannku yang terbesar yang pernah kualami selama ini..bener2 sendirian..aku langsung diem aja pegangan soalnya kalo gerak takut salah injek batu..kayaknya lama benget kabutnya gak pergi..malah makin ngumpul oleh angin yang bergerajk ke atas...yang paling takut pas tiba2 ada yang teriak awas...tapi suara doang soalnya gak keliatan jarak pandang 0... ternya ada yang nginjek batu lepas lagi.batunya meluncur.kayaknya aku udah pasrah abisbnya gak keliatan ap2.syukurl;ah gak kena n kabut udah pergi ke atas kita langsung lanjutuin jalan..setelah sampe..gila aku bersyukur tiada tara udah sampe di punacak gungng berapi terakitif di dunia. Da sisa kawah mati tapi pas aku megangin batu ternya panas...di bawahnya masih ada lava. Sampe juga di puncak tertinggi..ntar bersambung ya di part 2