Saturday 5 February 2011

Menikmati Tanah Batak versi aktivis organisasi 3

adopted from mutiara medina
Day 7 – 12 Juli 2010

Dan inilah pagi pertama gw bangun mendahului weker panitia. Kerasa dingin, basah, sempit, perak.. pgn cepet2 keluar dr bivak rasanya. Berhubung waktu bangun suara Aris yg pertama kedengeran, maka dialah yg pertama gw panggil “Ris.. lo perak gak? Aduh gw perak nih gimana dong..?”
Masalahnya perak disitu mau dibuang kemana?!

Mana pake acara nunggu yg cowok ke MCK duluan (oh iya semalem Belanda kalah, hiks hiks hiks.. gara2 gw gak nonton sih), jadi gw beres2 dikit, buka ponco, lipet SB..
Dan tiba saatnya MCK, gw nyari temen.. untung Tsaqyl perak juga! Sehati dah pokoknya.. hahaha :D
Sebenernya mungkin kurang appropriate kalo diceritain disini, tapi pgn share pengalaman buat yg ga ngerasain.. jadi tuh tempatnya kayak terasering naik 50cm gtu, bawahnya kubangan, dan itu rata2 udah ada pemiliknya (baca: udah dipake sebelumnya! hiiii), mana banyak yg nyenter2 ke arah kita bertiga yg lagi perak.. (aduuuh.. perak aja kok yooo.. diliatin.. penasarankah? kayak ga pernah aja... akhirnya kita pun end up ngemarahin orang2 yg nyenter2in kita, daripada acara pagi itu berakhir dgn tidak nyaman..)

Pulang dari MCK dan solat subuh, ada tingkah baru yg nanti2nya bakal jadi panutan : membakar ponco. Demi menghangatkan kami semua Wawan merelakan ponconya dibakar.. lumayan, pagi itu udh dapet anget2an, minum kopi anget (nescafe yg kalengnya dibakar, maksa.. jadi gosong2 gimana gtu rasanya), dan makan biskuit.. lumayan buat ganjel perut.
Dan di saat kita ngerubung2 dpn api, si bocah satu ini kembali mencari perhatian.
Wayan : eh ada yg liat sleeping bag sm matras gw gak? Td ada di bawah ponco kok skarang ga ada??
Aduh, emang nasib kayanya nih orang sial mulu :p

Singkat cerita setelah stretching2 dikit, kita disuruh langsung berangkat (lhoh, sarapannya mana??) bersama Bang Budi.. berhubung belom sarapan, gw jd agak cranky, dan bawaannya udh pengen melampiaskan pd Wayan..

“Eh please jgn mulai ngatain gw sebelum jam8.”
Hahaha.. asli deh ni orang. Mau ngatain aja pake jam udah kayak bioskop. Karena kasian dan dalam hati kami adalah orang-orang baik, kamipun tidak meminta PK pada Boboy dan sepakat menunggu jam8 untuk berbuka puasa.. dari puasa ngatain Wayan :p
(walaupun sebenernya disesali sih, nunggu buka puasa ngatain Wayan jam 8 sama lamanya kayak nunggu pagi dalam bivak, berhubung ngatain Wayan bawaannya parasimpatis, susah dikontrol, hehehe)

Rupanya kita dikasih sarapan dulu (alhamdulillah), dan dibawa ke suatu dataran tempat di mana kita bisa berfoto dgn latar Gunung Sinabung (foto udh diupload di note part I) dan di sana kita sarapan bareng.. menurut kesaksian Boboy walaupun udah makan, tp puasa ngatain Wayan lebih berat hahaha :D

Dan akhirnya jam8! Jam8 adalah waktu berbuka puasa.. setelah sebelumnya cuma bisa memuji dgn paksa (udah gtu yg dipuji gak bersyukur, malah bilang : Kalian ini satu pujian seribu hinaan :D)
dan anak2 kelompok lain pun mulai ikutan menyerang Wayan ^^V

Oiya kita diajarin lagu baru selain oto bemo (oh iya lagi lagu oto bemo blom masuk note part I.. beginilah bunyinya kira2:
Oto bemo
beroda tiga
di tengah tengah kota
Panggil nona
Naik segera
Nona bilang : nggak punya uang..
> ga penting yah lagunya?)
Dan hari ini kita diajarin lagu tong tong tong tong markitong kitong.. mari maru, sasua.. sasua.. makaruwa.. (mboh bener mboh ora.. hahaha)
Aduuuh.. abang2 yg ngajarin.. saya tetep setia sm lagu mencari alasan (favoritnya Mirza) dan gerimis mengundang aja deh.. hahaha

Abis itu kita dibawa masuk hutan.. diajarin tanaman mana yg bisa dimakan saat kepepet, dan lagi2 si Wayan menunjukkan prestasi dalam bidang ini! Dari mulai cicang yang sering dibikin sambel di bali, rebung yg baunya khas kayak bunga akasia (bau pagi hari kt cowok2, dasar), bambu yg dipotong keluar air, anggrek hutan.. dan banyak lagi tanaman yg dikenali Wayan sehingga ia dianugerahi gelar ‘Konsultan Flora’ oleh presidium.. hehehehe
Abis ngeributin makanan, kita disuruh nentuin lokasi kita (lahh.. puncaknya aja cmn ada satu kok, itupun susah keliatan.. tp akhirnya abangnya ngasi tau lokasi kita, dan pas ditanya back azimuth, sementara kelompok laen jawab 180, 192 derajat, sekitar itulah, Pertamax 224 derajat lho! Disuruh ke laut aje sm bpknya.. hahaha)

Yah singkat kata kita disuruh menemukan 7 korban, bergerak ke 186 derajat (itupun si bapak salah sebut jadi kita nyasar dulu), dgn metode babat alas. Boboy pake slayer di kepala, sm Royhan, bawa parang di depan udah anak hutan banget dah gayanya :)

Awal2nya gw di belakang, yah beginilah rutinitas kalo naek gunung, start slalu paling belakang.. baru ntar tengah jalan maju.. tunggu mesin panas dulu lah. Sebelum mesin panas, cukup nyanyi2 dulu memberi semangat buat yg babat hutan :D
Lumayan juga medannya, banyak yang longsor, tp mendinglah, dgr2 kelompok laen ada yg kena medan lumpur.. sepanjang jalan Pertamax kerjaannya cuma nyanyi2 doang, bikin berisik hutan aja.. (hehe. padahal kerjaan siapa coba, hahaha)
Sekitar jam1an gtu akhirnya kami menemukan MUSDA, jatoh dari pohon claviculanya patah, udah gtu aktingnya soulful bgt lagi.
“Aduuuhh.. sakit.. aduh saya diapain ini.. sakittt..”
Berisik dah si Musda ini pokoknya. Hahahah peace^^V

Pertamax with Musda ratu akting :p


Kelar menangani Musda, perut udah laparrr.. tapi Pertamax dipanggil naik lagi bantuin yg vertical rescue, lowering korban dr ketinggian 100m. Ada empat kelompok disitu – klompok 2, 3, 7, dan kita sendiri. Tapi sayang, karena koordinasi yg kurang jelas, dan kita juga ga paham siapa leadernya.. jadi ngalay2 aja kita disitu. Si Bang Budi ribut “Klen bantuin lah mereka!!!”
Bantuin apa bang? Gak mudeng saya.. hahaha :D
Di saat mulai bosen, ngantuk, capek, kotor, dan LAPAR jadi satu, tb2 korban yg udah dipacking dari tadi mulai stupor. Menurut kabar yg beredar korban itu aslinya udh hipotermi, karena ga kelar2 maka tambah parahlah dia.
Kita smua udah pada panik, gak peserta gak panitia, panik semua.
Akhirnya si Aris turun tangan, udh sampe di jaw thrush sgala, eeehhh.. ketawa tuh korban! Sial!! Oke juga aktingnya ngelebihin si Musda! Hahahaha :D

Sekitar setengah 3 korban udah diturunin, kita harusnya udah bisa balik ke camp. Gw dan Ershad pun berlari dengan cepat karena kita udah lewat 2 jam dari waktu makan :p, eh tapi tiba2 diteriakin suruh balik >.<
Muka si Ershad udah bete banget kayak mau nonjok orang (gw bilang : tenang Shad ntar jatah nasi gw setengah buat lo, hahaha), akhirnya kita naik lagi.. hosh hosh hosshh..

Ternyata ada kabar buruk, Bayu dari UII jatoh pas mau turun, terus dislokasi bahu (eh bener ga sih bahu?), jadi Royhan pacarnya temen satu kampusnya disuruh prepare barang2 Bayu buat dibawa balik ke Medan..

Hampir jam 3 kita akhirnya turun beneran, Ershad lagi-lagi melesat paling depan, gw turun dgn pelan curiga bakal dipanggil lagi, jadi gw jalan sante kayak di pante sambil nyanyi2 sm si Wayan. Eh tiba2 dia memanggil, “Ershad!” dan tak lama kemudian matras yg dia pegang meluncur ke bawah.
Waktu itu gw kira dia ngelempar matrasnya ke Ershad, minta bawain, jadi pas Anita nanya gw bilang, “Gapapa, itu si Wayan ngasih matras ke Ershad...”
Dan dibalas Wayan dgn muka dodol, pias, “Nggak gitu juga sih, itu Ershad dimana, matras dimana...” (nunjuk ke arah jurang)
Dan sebelum merasa simpatik pd Wayan, gw cuma bisa ngakak duluan.. harusnya ekspresi mukanya difoto, hahahhaaa..
Mana nih Wayan yang katanya terhormat dan disegani di kampus? Salah orang kali si Nurul... hahahah :D

Dan akhirnya dia nekat turun ngambil tu matras, karena kalo nggak, berarti dia ngilangin matras orang dua biji hari ini.. untung aja selamet.. nyawa lebih berharga dr matras bang!

Akhirnya selesailah ESAR hari ini.. Penampilan udah gak karu2an, belepotan tanah, keringet, darah... (Boboy kena pacet, tp Wayan masih juga penasaran sm yg namanya pacet). Kita naik pick up sampe tempat ambulans Bayu, terus lanjut jalan kaki..
Kasian si Bayu kayaknya sakit bgt.. Semangat Bayu!!

Tadinya kita akan kehilangan Ershad yang berangkat malem ini.. tapi ternyata kita kehilangan Royhan lebih cepat karena harus nemenin Bayu.. hiks hiks hikss...
Royhan pun beberes, niat ikut simulasi akbar aja nggak, dan kita sambil makan, sambil jemurin barang2 yang basah karena bivakan kemaren.. tiba2 Babeh dengan toa-nya nyuruh kita kumpul, nyampur2 kelompoknya, yg penting 10 orang.. Pertamax tanpa Royhan 10org, jadi kita stick together aja.. dan kita gak dapet water rescue! Padahal kita sudah sangat berharap... langsung lesu semua deh mukanya.. Nyatet koordinat korban males2an, ngeliat alat2 vertical kok suram bgt.. disuruh ngambil peta sama alat2 pada loyo.. huuuuuh!! >.<

Sambil menatap iri anak2 yang ngambil life jacket, kita cuma melangkah lemah.. letih.. lesu.. Tiba2 bagai angin (lebay) Aris melesat dgn HT di tangan, berlari-lari kegirangan : “Kita gak jadi vertical! Langsung semangat gue!!!”
Kita cuma ngeliatin Aris bentar, dan tetap melangkah lesu.. hiks.. apa bedanya? Kita gak dapet water! T___T

Terus udah heboh2 nyari koordinat korban eeehh.. ternyata kita tuh jatahnya Cuma penyelamatan di darat toh! Jadi ya berhubung korban cuma 7 orang dan penolong ada 30 orang, maka paling aman jadi keamanan lah..

Dari mulai ngomong baik2...
“ITU KAKAK SAYA! KLEN APAKAN KAKAK SAYA!!!”
“Iya Mbak, kami sedang mencoba menolong, kami dari TBM...”

Sampai omongan ‘itu kakak saya yang kesekian puluh’...
“ADA BERAPA KAKAK KAU, HAH? SMUA ORANG KAKAK KAU RUPANYA!”

Sang pengacau pun tidak kehabisan akal. Apalagi Ayu Sasmita pengacau nomor wahid. “Tetangga aku tuh... jahat kali orangnyaa! Tak usah klen tolong, bunuh saja dia!!

“IYE MBAK, dari pada kau bunuh dia disini percuma nanti kau ditangkap satpam, kita CARI PARANG saja yuk, jauh2 dari sini!”

Dan bahkan sampe ancaman bunuh diri...
“Kalau klen tidak biarkan tetanggaku mati, aku bunuh diri loncat ke danau!”
Yaaa silakan.. monggo.. hahahaha :D
Acara simulasi akbar ditutup dgn foto2 rusuh, yah emang dari awalnya juga ni acara udah rusuh, dan gw tiba2 punya ide buat merealisasikan keinginan kita yg belum tercapai.
“Boy, minta rafting ke Babeh yuk!”
Awalnya Babeh ijinin 6org aja.. udah berusaha mengendap-endap, eehh emang pada tajem matanya, alhasil 3 kelompok yg kemaren baru dpt LCR langsung dgn pedenya nyamber life jacket dan dayung.. (hehehe.. maap ya beh :p)
Pertamax langsung ngetake 1 perahu sendiri, langsung diisi 9 orang, squad kita berkurang dgn tidak adanya Royhan.. eh tapi kok 9 orang?! Wayan nyasar di perahu orang, dan kami tidak mau pergi tanpa Wayan, jadi...
“Wayan tungguuuu.. kami menjemputmu...!!!!”
Hahaha.. bener2 hore deh Pertamax :D :D

Tanpa abang2 yang mengawal, membalik kapal (apalagi balikin lagi ke semula) jadi susah bgt.. (pada sotoy nih), dan akhirnya setelah susah payah.. kita berhasil.. tapi masih aja gak puas dan pengen nyebur lagi, Wawan niatnya ditinggal buat bantuin yg laen naek kapal lagi, eh malah ikutan nyebur!!
Angin bertiup kencang.. perahu itu kaburrr.. dan kita panik ngejar2 perahu itu.. bener2 dodol.. hahahaha :D
Setelah semua akhirnya kembali selamat sentausa (eh ngga deng, si Ershad keseleo kakinya), Boboy the commander pun memerintahkan... ayo dayung yang jauh!! Sok2 ga tau aja kalo dipanggil! Hahaha..

Hari itu berakhir bahagia..kita dapet water juga akhirnya.. terus cowok2 itu kembali pada pekerjaan mereka kemarin.. mandi bersama! >.<
Dan saking semangatnya handuk Aris nyangkut di behel.. HAHAHAHA.. sayang ga difoto..


kelakuan.. ckckck


Dan rupanya malam itu Royhan gak jadi ke Medan.. (terus dari tadi dia tidur, ga ikut kita, huuu..) dan Ershad ga dapet tebengan pulang.. jadi Pertamax tetep lengkap.. dan makan malam keluarga dengan bahagia :D

Untuk menghangatkan badan acara bakar-bakaran ponco pun berlanjut, kali ini ponco Aris, ditambah sampah, ranting, kertas dari notebook Aris yang dikorbankan, dan minyak tanah curian dari genset :p
Sambil main u** (ga boleh disebut ntar dikasi kartu tambahan >.<) yang dibawa Mirza, Pertamax menghabiskan malam setelah hari yang begitu panjang dan melelahkan.. main kartu, cerita-cerita serem (dari mulai serem boongan Anita sampe ga serem jadi serem gara2 diceritain Ershad), cerita2 budaya, yah pokoknya cerita2 lah.. sampe akhirnya harus tidur karena besok mau wisata! :)

No comments:

Post a Comment

thankyou for your comment..