Saturday 5 February 2011

Menikmati Tanah Batak versi aktivis organisasi 2

adopted : mutiara medina
sebelumnya.. note ini hanya dibuat untuk kepentingan memori dan hiburan semata, tidak ada niatan menyinggung atau menyakiti di dalamnya, so just enjoy it :)
maaf kalo ada yg kurang berkenan dan terimakasih sudah meluangkan waktu membacanya..

Day 5 – 10 Juli 2010

Pagi yg indah dipecah oleh suara gedokan pintu (ya, kami di Hotel Sumateratidak dibangunkan dgn BEL, catet) “Mbak, bangun Mbak.. Bangun Mbak!!”
3.30 pagi. Masya Allah. “Iya,” gw dan Tsaqyl menjawab lemah.
“MBAK, BANGUN MBAKK!!! Di luar ujan, nanti telat!” dan ini diulang berkali-kali.
Sekarang udah INNALILLAHI (pake capslock) “IYEE BAWEL!!!!”
Mungkin panjang kalo perdebatan sengit tentang bangun tidur ini diceritakan. Singkat kata jam 4.30 kita udah siap buat turun ke hotel Garuda yg bagus itu, udah mandi, rapi, dan wangi (emang Wayan, nggak mandi :p)

Sampe di lobi hotel Garuda, kita cuma bengong. Mana katanya udah pada ngumpul, katanya kita orang terakhir?! Hoax nih!! Bertebaranlah tampang lemes anak hotel Sumatera yang ngemper di lobi hotel Garuda, ngantuk dan kelaperan T__T
5.30 – 6.00. Tamu hotel Garuda turun dgn wajah berseri-seri tanpa tau bahwa yg dari hotel Sumatera bawaannya pengen nyambit orang pake carrier. Lantas terdengarlah suara “Ayo ayo sarapan dulu..”

David pun bertanya, “Kita yang hotel Sumatera sarapannya gimana Mbak?”
Jawab sebuah suara tidak dikenal, “Ya, nanti diantar makanannya kesini.”
Mulai feeling buruk. Tidakkah kami boleh ikut makan di hotel Garuda?
“Silakan masuk ke restoran....” (feeling udah buruk, kok ada kantong plastik item gede?)
“... ini makanannya, silakan makan di lobby...” seorang panitia dgn wajah polos menyodorkan kotak styrofoam berisi lontong sayur.
eh jangan gila dong Terus knapa kita disuruh masuk restoran? T______T

(cerita sedih tentang pembagian hotel ini saya akhiri sampai sini. No offense buat panitia, cuma mau curhat aja kok huhuhuhuu... nb : terlampir foto anak2 hotel Sumatera. Yang kena tag, smoga amal ibadah kita diterima di sisi-Nya. Amin)


anak-anak Hotel Sumatera yg makan lontong styrofoam di Hotel Garuda.. sabar ya nak :p


Maka janji berangkat jam 5.30 dan pengorbanan tidur pun terasa agak sia-sia. Rombongan tronton baru mulai bergerak ke Kabanjahe sekitar jam 7.15. Gak banyak yg bisa diceritain, kecuali...

1. Perjalanan kesana dingin. Abis minum kopi. Jadi.... kebelet pipis!! Dan rupanya Wayan juga (muka nahan pipisnya soulful bgt, kalo tega sih kita foto buat bahan ketawaan, syg Aris ga liat siii... hahaha). Alhasil nahan pipis sekitar 2 jam karena kita gak dibolehin turun buat numpang pipis baik di rumah penduduk, lapo, maupun semak-semak (sungguh teganyaaa...). Tapi akhirnya, 15 menit sebelum sampe Lau Kawar, setelah command dari Ayu Sasmita (terimakasih), kita berhenti di puskesmas dan (belum pernah pipis terasa selega ini) terpuaskanlah hajat saya dan Wayan (eh ini terpisah lo hajatnya, jgn bikin gosip).
Menurut kesaksian Wayan, belom pernah dia nahan pipis separah itu, rasanya udah kayak dismenorrhoe (sotooyy,, kayak pernah dismen aja.. apa jangan2....?)
2. Si Karis (Sultan) kalo tidur soulful bgt yak. Mulai dari nemplok dinding tronton, nemplok Nurul, sampe ngusruk nyium lantai pun dijabanin (tega nih Royhan, malah dibiarin jatoh.. hahahaha)

Rombongan sampe di Lau Kawar, Kabanjahe, sekitar 10.30. Tempatnya dingin, eits tapi jangan ketipu, tetaplah memakai sunblock karena matahari tetap mengintai. Anak Pertamax semuanya jadi centil2 pake sunblock (dan kebanyakan mukanya jadi kayak mau maen wayang orang), apalagi sesosok berjaket, berjilbab, kulit putih, eh pas nengok kumisnya kayak teroris... hehehe x)
Kita dapet 3 tenda. Satu dari HET, tendanya gede tp udh ditake yg cowok. Sementara yg 2 lagi tendanya mini bgt, jadi empet-empetan, salah ambil nih gw rasa >___<

Eh, sebelum lebih jauh, saya perkenalkan dulu yah skuad Pertamax.
Pertamax itu isinya..
1. Boboy (ketua). Boboy alias Budiman, anak KBK Avicenna (UPN Veteran Jkt) yg suaranya gak abis2 padahal udah dibuat mimpin rapat 2 hari. Senang sekali dia mengucap atau bernyanyi "Hidup PTBMMKI!!", yah karena cuma itu yg dia hapal.
2. Aris (commander). Aris Ramdhani, bukan Ramadhani, sekali lagi, BUKAN Ramadhani. Dari TBM SM IKM FKUI, dan Aris ini juga satu smp sama gw (hahaha..) Seorang Aris yang terpandang dan disegani selama Munas, calon ketua PTBMMKI, ternyata.. hahaha aja deh gw :D
3. Wayan (maskot), alias Yoga (preeettt) adalah seseorang bertuah yang (kata Nurul) berwibawa dan disegani, tapi begitu sampai di tangan gw Wayan pun hancur berkeping-keping.. peace^^V walaupun begitu omongan Wayan ajaib lho,biasanya selalu kejadian, jadi jgn sampe dia ngomong hal-hal yg buruk.. tapi walaupun Wayan aneh saya sangat bersyukur ada Wayan.. dari mulai nemenin ngambil Betadine sampe menjauhkan gw dari b****** :)
4. Mirza, TBM ALert FK UMY. Kalo Apri dinobatkan jadi gigolo foto nasional, Mirza adalah gigolo foto Pertamax (kayanya emang nasib anak UMY...) dan Mirza ini jadi terkenal sejak skandal fotonya (dan lebih dari sekedar foto) dgn Wawan.. m*ho mode on nih.. hohohoho
5. Icha, TBM CS Unlam. Sebenernya kalo diitung2 Pertamax cuma 10 setengah orang, soalnya yg satunya bocaaaah.. hahahaha :D Mungkin nasib Icha jadi korban abadi, untung walopun kcil dia berani :p
6. Wawan, TBM Bumi Gora Univ. Mataram. Single fighter satu ini emang paling yahud dah! Berhubung merasa ada needs untuk survival kali yah, bawaan si Wawan ini lengkap kap kap.. (mungkin cuma kurang nesting), dan yg paling keren, Wawan pernah latian sm SAR pake helikopter! wow! (maksudnya Wawan dilempar gtu dari helikopter, hehehe).. Sayang, track record Wawan ternyata,, maho. hahaha ^^V
7. Anita, TBM Galenus Univ. Maranatha. Si eneng Bandung euy.. hobinya tidoooorrr! Gila nih orang, dimana nemplok disitu tiduurrr.. haahahaha :D menurut pembelaan dia, pas munas abis2an nyelesein tugas akhir.. okelah..
8. Royhan alias Roy alias Pak Erte, dari FK UII, TBM Mak Erot (mahasiswa aktivis emergency on the way).. hahahaha :D Roy ini baek, dan salah satu yg familiar sm gw selain Mirza (udah pernah ketemu waktu MER), dan dia nih yg paling ga kompak! Gak ikut rafting, gak foto gaya Wayan, huuuh...
9. Ershad, Meridien FK UMJ. Ternyata temennya temen2 SMA gw toh! Waktu blm kenal gw kira dari Padang (eh bener orang Padang gak Shad? :p), Ershad nih nomer satu dah kalo urusan makan! Gak dikasi makan marah, telat makan marah, makanan dikit marah.. perutnya 4 sih! hehehehe.. dan dia paling disensiin panitia, dari mulai makan yg selalu dijatah, sampe barangnya dikunciin di USU. udah nyampe skarang barangnya shad?
10. Riri, HET FK Unand. Walaupun sering menghilang, Riri ini salah satu yang berjasa mengabadikan momen Pertamax lho! dan Riri jago dalam hal ke-mapala-an.. dan akhirnya di malam terakhir ngecamp, dgn semua barang yg dibuang ke luar, Riri bisa tidur bareng kita, di tenda sempi itu berempat, walaupun udah kayak mumi gak bisa gerak.. (tapi Anita tetep... tidurrr! hahaha)
11. Saya sendiri, Mutiara Medina alias Inez, Maladica FK Undip. Sebenarnya sangat menolak dibilang anggota ke-11, anggota tambahan, penyusup, junior.. karena saya kan berjasa menggali potensi Wayan dan membawa tawa dalam hari-hari kita (tukang ngenyek kok yooo bangga), dan saya juga menyediakan sunblock agar Pertamax tidak (atau bertambah, berlaku untuk Boboy) hitam. hehehehe :D


anak2 Pertamax dgn latar gn. Sinabung :D


Hari 1 ini full materi. Ketauan banget dah Pertamax males2 bgt orangnya, udah duduknya paling belakang (dgn variasi alesan : dari mulai pengen tidur sampe biar kalo kentut ga merugikan orang laen :p), ngobrol sendiri, ngemil, dan tidur beneran (tersangka ga usah disebut disini, udh cukup populer).
Tapi ternyata si tukang tidur satu itu punya saingan, orang yg bisa tidur dimanapun dia nemplok, yaitu... Anita. Hahahaha abis ngelembur ya mbak? :D
Materi hari itu diisi Pak Agus, sm Bang... (lupa namanya), dan Babeh. Ada materi tentang Survival, Bivak, Navigasi Darat, Simpul, Vertical Rescue, Water Rescue, dan banyak lagi... sore2 sebelum materi pertolongan korban di air kita mompa perahu rafting dan LCR bareng (bukan gw sih yg mompa, si abangnya pake blower).

Udah malem gitu, ngantuk banget (dan dingin banget), masih ada materi tentang komunikasi radio. Nah, kita beralih dgn tingkah si Wayan (Wayan dijadikan maskot Pertamax bukan tanpa alasan).

Gw : (ngasi bungkus Frozz kosong) Mau gak?
Wayan : (mengamati bungkus Frozz, dibolak-balik) Makan kayak gini bukannya bikin tambah dingin? (lalu dgn polos Wayan membuka tutup dan nuang-nuang isinya) Kok abis?!
(catatan : orang biasa bakal tau itu emang udah abis dari sejak liat bungkusnya, ini orang mengamati dulu 2 menit baru nyadar.. jeder!)

Satu lagi.
Gw : Way...
Wayan : Ssssttttt... materi penting nih! Jgn ngobrol!
5 menit kemudian...
Gw : Wayan, woy, katanya materi penting...
Wayan : zzzzzz....
Aduh. Emanglah si Wayan bocah ajaib. Tapi walaupun gitu, hokinya gede. Ini terbukti dgn lomba suit sm Eky untuk memperebutkan siapa yg besok vertical rescue duluan. Menurut pengakuan Wayan, dia ngga ngerti cara suit dan asal nunjuk aja, ga pake strategi, wah kalo itu gw percaya kok Way :p

Day 6 – 11 Juli 2010

4.30. Dibangunin sm udin, udin ngajak perak :p
Kalo yg bangunin udin, apalagi perak, lebih ikhlas gw bangunnya :D
Tapiiii.. kita harus olahraga pagi dulu! Udah lari keliling jauh, senam, pake acara push-up jugaa. Huaaaa >.<
Sarapan hari ini nasi gurih (nasi uduk) pake telor dan kerupuk yg banyaaaakk.. dari mana asal kerupuk itu dan apakah itu hak anak yatim yang kita ambil, kita ngga tau. Yang jelas kerupuk itu lumayan buat dikunyah.
Aris menghilang (kayanya perak) dan kembali dgn membawa lighter gw yg udh rusak (alasan rusaknya lighter gw akan diungkap kemudian atau tidak, tergantung seberapa besar biaya tutup mulutnya :p).
Sebelum berangkat, Wayan mencabut sebuah daun berwarna merah dan bilang : Coba Nez kita ramal hari ini ujan apa ngga, pilih depan apa belakang?
Awalnya gw gak mau, amit2 jgn sampe lah ujan, tp menurut ramalan Ki Wayan hari itu emang bakal ujan (perlu diingat lain kali si Wayan dibekep aja, omongannya byk yg kutukan).

Pertamax dapet giliran rappeling dulu, terus lowering, baru lifting (alhamdulillah kita searah smua, jadi ga naik-turun, lagi2 ini menurut Wayan adalah hoki orang2 yg diserap sm dia terus dibagiin lagi ke kita2, aduh apa sih). Kita ketambahan tiga anggota, Janto (Panacea), Nevi (HET), dan Ridwan (buka contekan dulu.... dari TBM Unri). Pas rappeling tanpa sadar gw dapet luka banyak banget, belom ditambah lebam2nya.. huh sudahlaaah... sudah biasaaa..
Selama penyelamatan (lowering, lifting) Icha jadi korban abadi. Pas lowering rescuer-nya Ridwan (eh, bener gak sih? Tiba2 lupa), terus pas lifting... nah ini.

Sampe turun 5 orang buat narik tali : Royhan, Ershad, Wayan, Mirza, bahkan Bapak SARnya, kita sempet berpikir korbannya bukan lagi Icha. Soalnya dari mukanya Ershad yg kayak ngeden2, yang ditarik ini jauh lebih berat dari Icha. Si bapak SAR sampe bilang bahwa yg diangkat kebanyakan dosa (hiks.. miris kita Icha dibilang gitu), ternyata.... emang. Si Boboy rescuernya! Buseettt... pantes berat!!! (sok2 tau gitu, padahal ikut narik tali utama jg nggak :p)
terus setelah lifting, kita makan siang, terus lanjut pulang ke camp numpang pick up Hendrik (syukurlaaah..)

Dan sekarang waktunyaa.. water rescue! Gw dapet LCR 2 bareng Wayan, Aris, Icha, Mirza, Rizal, Afri, Bambang, dan ketambahan Monik sama.. lupa. (maaf ya^^) pokoknya ada sie dokumentasi nyasar lah di perahu kita, dan nantinya mereka akan menyesal ikut di perahu ini, karena isinya bukan orang2 cinta damai.
Bapaknya ngasih satu orang buat ngendaliin perahu 8 menit, yg pertama Rizal yg pegang, langsung nyerang LCR Boboy. Akhirnya yg harusnya kita masih pada kering, udh basah kuyup duluan (dan Wayan kena cebur, hahaha :D)
Hampir satu jam kemudian, langit tambah gelap dan gerimis mulai mengundangturun. Gak lama kemudian... bresss.. hujan deras turun, dingiiinn!! Kita sempet berteduh di bawah pohon2 sampe pandangan udh mulai kabur, gak satupun ada yg pengen lagi pegang kendali, sampe Bapaknya akhirnya gas pol ke warung sekitar.
Dingin banget, basa kuyup, Ucil udah jongkok di pojokan, muntah, kasian liatnyaa.. Dan gw masih mikirin gimana nasibnya yg pake perahu rafting :(
Tapi gak lama kemudian, datanglah tiga perahu gandengan; 2 perahu rafting ditarik perahu LCR ditengah2..heroik bgt.. alhamdulillah..
Sore itu berakhir kelam, kita gak dapet jatah perahu rafting, mana sepertinya rencana bivak tidak bisa ditawar2 lagi.. dan tenda kita ngerembes! Barang-barang basah.. termasuk sleeping bag T____T

Balik ke camp, gara2 ngantri WC penuh, entah ide dari mana cowok2 minta air panas ke Dita, dan terjadilah adegan panas mandi massal di depan tenda (oh nooo..)
Btw disaat smua udah mandi dan mau packing buat bivakan, gw melihat sebuah benda yg mungkin asing bagi byk orang tp sayangnya tidak buat gw : kotak bertuliskan TOR.
“Woooy itu siapa yg pake celana dalem kertas?!”
Dan AriF (bukan nama sebenarnya) mencoba menyelamatkan barang bukti. “Siaaall.. padahal kemaren gw udah berhasil menghilangkan barang bukti. Lighter lo kan rusak gara2 gw buat ngebakar..”
Hahahaha.

Penderitaan Wayan di kelompok ini rupanya terus berlanjut. Pas makan malem..

1. Wayan : eh bener lo ramalan cuaca gw tadi pagi.. ujan.. trus barusan gw ngeramal lagi, kita jadi lho ntar malem bivakan..
Yg laen : (menatap Wayan jengkel) emang yah omongan lo bawa sial, udah Wayan diem aja ga usah ngomoooong!

2. Wayan : (diam2 mengambil kerupuk dari makanan gw)
Gw : (mukul tangan Wayan) ih kok ngambil2?
Wayan : ya ampun, yg laen dikasih2 kerupuk, gw nggak.. jahat bgt sih sm gw.. padahal udah gw anggep sodara..
Gw : Haaah? Aris, menurut lo itu pujian apa hinaan?
:p :p

3. Aris : Sini nez sendok gw yg patah gw bakar aja..
Abis bakar sendok, dibalikin ke gw. Terus Wayan sebenernya berniat baik ngambilin sendok itu..
Aris + Gw : jangan!!!
Wayan : ah, gw gapapa kok, sendoknya udah ga panas lagi...
Aris : gw takut sendoknya patah lagi, bukan khawatir sm lo..
HUAHAHAHA.

4. dan ini puncaknya... kemarahan Wayan.
Wayan : eh, lo tau gak Nez, sebelum ada elo, hidup gw di kelompok ini damai dan tenang, abis ada elo, harga diri gw ancur!
Gw : yeee itu mah derita elo. aslinya mah lo cocok buat diceng2in, gw cuma menggali potensi lo. buktinya sekarang smua pd seneng.. ya nggak?

(hahahaha.. maap ya way, gara2 gw lo jadi menderita di kelompok kita. tapi ambil hikmahnya aja, kan lo jadi terkenal, smua orang kenal Wayan, dan yg paling utama kita semua senang^^)

Jam... (lupa sih jam berapa, kynya 19.30 gtu), kita berangkat ke lokasi bivak di Deleng Lancuk pake pick up. Total carrier yg dibawa 4 carrier + 2 gulungan gede matras, isinya SB, makanan, sm perlengkapan buat ESAR besok..
Waktu rombongan nerusin perjalanan ke tempat bivak, jalan kaki, dari kita kelompok Pertamax yg didepan, keliatan kayak rombongan elves bawa lentera.. kayak di Lord of The Rings, sayang ga difoto :(

Di tempat bivak diajarin bivaknya laen kayak yg di Maladica, bivaknya soliter (sebenernya gw sangat ga suka.. merasa sendirian jdnya). Sementara kelompoknya si Neng Tsaqyl (kelompok 5) bikin bivak yg bisa buat barengan.. dan kita gak dibolehin T.T
gw agak parno kalo sendirian gtu, mana tanahnya basah2 lembab, tidur sendirian, gw takut ada... (hahaha, tanya Wayan deh ada apa)
Mana ada beberapa ponco ga beres (termasuk ponco gw), jadilah ada dua bivak aneh : yg satu kayak kuburan yg satu kayak jelangkung (hahaha mistis). Dan bivak itu jadi tempat buat naro carrier beralaskan trash bag. Trash bag?! Dari mana datangnya?

10 menit yg lalu...
“Shanti awas ada ranjau!”
Karena gelap saya kurang jelas apakah Shanti menginjaknya ato nggak, kayaknya sih iya. Demi menghindari jatohnya korban lebih banyak, Shanti pun memerintahkan tai kebo tersebut ditutup trashbag.

Boboy bertanya : Dapat trashbag dari mana kau Wan?!
Wawan menjawab : Dari sana tadi, dkt matras..
Yak , benar sekali! Trashbag yg dipake buat ngalasin carrier = trashbag yg dipakai Shanti untuk menutup tai kebo. HAHAHAHA..
Waktu sudah menunjukkan pukul 11 malam, kita udah disuruh tidur (setelah sebelumnya pepi di semak2), dan yg bikin sedih adalah... Malam ini Final Piala Dunia!! Dan kita malah tidur ditanah keras yg basah.. T____T

Sebelum tidur abang2 SAR sempet ngajak nonton, tp dimarahi panitia. Dan disela2 tidur gw denger ada ribut2, ternyata ada kebo nyasar ke camp bivak kita! Untung gak keinjek, hahaha..

Malam bivak terasa begitu panjang, tidak nyaman, belum pernah sebelumnya merasa ingin cepat pagi, tapi kali ini terasa gitu... ga sabar pengen pagi.

To be continued...

coming soon : hari ke-3 jamnas, wisata ke samosir, dan farewell :’(

No comments:

Post a Comment

thankyou for your comment..