Wednesday 6 April 2011

Bagaimana pergi ke pulau komodo dari tempat saya sekarang (how to go to Komodo?)

welcome to komodo nat.park-jurug.com
kapan sebaiknya pergi kesana?
yang palingg tidak baik untuk pergi kesana adalah saat sebulan sebelum dan sesudah imlek. jadi sebaiknya jangan pergi kesana antara januari sampai maret. untuk menyaksikan komodo berantem sampai berdarah darah dalam kompetisi kawin adalah bulai mei sampi juli.,,untuk bulan lainnya bagus.







Bagaimana pergi ke pulau komodo dari tempat saya sekarang?


Cara mahal/executive
1.      penerbangan jakarta - bali (mulai dari 600rb/lion air, atau 1juta/garuda)
2.      jika start dari Yogyakarta, yogya – bali (mulai dari 500RB/lion air)
3.      bali-lab.bajo (paling murah 600.000/merpati seringnya jauh lebih mahal)
harga diatas adalah pada low season dan dengan waktu pemesanan jauh sebelumnya.

Cara Murah


Jakarta - yogyakarta (jika start dari Jakarta):
-          Kereta ekonomi gaya baru selatan dan mutiara selatan @38.000
-          Kereta bisnis fajar utama atau senja utama @120.000 (150.000 kalau weekend)
 Yogyakarta – banyuwangi (jawa timur) :
-          kereta api ekonomi “sri tanjung” dengan waktu tempuh 14-17 jam, jadawal kereta hanya satu kali sehari yaitu dari stasiun lempuyangan yogyakarta pada pukul 07.30 @Rp. 35.000
banyuwangi - gilimanuk(pelabuhan Bali) :
-          kapal ferry dengan waktu tempuh 30 menit, penyebarangan ada 24jam sehari. @6.000
gilimanuk (ujung barat bali) - padang bai (ujung timur bali)
-          bis AC, bisa ditemui di terminal pelabuhan gilimanuk, hampir selalu ada tiap jam. Jadwal terpagi adalah jam 02.30 am. Waktu tempuh sampai di terminal sentral ubung denpasar adalah 3 jam, ke padang bai adalah 4 jam (ubung-padang bai = 1 jam). @40.000
padang bai –lembar (lombok)
-          kapal ferry yang tersedia 24 jam dengan waktu tempuh 4 jam. @36.000
lembar – mataram (terminal mandalika)
-          naik bis kecil atau semacam angkot dengan waktu temph 1 jam @20.000
mandalika - Labuan bajo
-          Bis “langsung indah”  dalam sehari hanya ada satu kali yaitu pada pukul 13.00 berangkat dari terminal mandalalika @250.000-300.000 (karena kadang bisa ditawar)

Pilihan lain jika beruntung :
Jika anda sampai di pelabuhan padang bai pagi pagi jam 6 atau jam 7 maka kamu bisa menemui bis langsung indah di pelabuahan ini. (untuk mengetahiu markas dan nomor telepon bis “langsung indah” ini silakan search di www.google.com )
-          
Padangbai - lab.bajo
bis langsung indah dengan penawaran harga 350-360, waktu itu saya melakukan penawaran dengan alasan kami berombongan dan sebagainya sehingga kami bisa mendapat harga @300.000. fasilitas 2 kali makan (jujur saja makanannya yang seadanya dan porsi minimalis), ditanggung biaya penyebrangan bali-lombok, lombok-sumbawa, dan sumbawa-lab.bajjo


perjalanannya berapa lama?
saya akan membagi pengalaman saya mengenai waktu waktu keberangkatan dari tiap point.
Yogyakarta – banyuwangi  07.30 – 22.30  sambil nunggu : makan malam di pelabuhan
Banyuwangi-gilimanuk       00.00 – 01.00  mencari bis dan menunggu (waktu jadi WITA)
Gilimanuk – padangbai      2.30 – 07.00 
 selanjutnya tergantung skenario berikut :

Skenario 1.
Jika kita bertemu bis langsung indah di pelabuhan padang bai, maka :
Bis akan naik kapal pada pukul 08.00 kemudian sampai di di terminal mandalika jam 12.00 kmudian istirahat makan siang dan berangkat lagi jam 14.00 samapi di ujung pulau lombok jam 17.00, dilanjutkan antri kapal dan penyebrangan ke sumbawa. sampai di sumbawa jam 21.00 dilanjutkan makan malam di sumbawa. perjalanan dilanjutkan sampai di kota bima pukul 06.00 pagi. Di bima bis langsung indah berakhir dan kita akan di oper ke angkot minibus kecil yang sumpek dan empet empetan untu dibawa ke pelabuhan sape (namun biaya sudah kendaraan ini termasuk dalam tiket bis langsung indah alias tidak bayar lagi). Di sape menunggu. Kapal hanya sehari sekali yang menyebrang dari sape ke labuan bajo. Kapal berangkat kadang jam 14 kadang jam 16 sore. Dengan waktu tempuh 9 jam. Saat saya kesana kapal dibilang akan berangkat jam 16.00 tetapi tiba tiba berubah dan jam 14 sudah berangkat, tiba di bajo jam 09.00 malam.
 Skenario 2
Jika kita tidak bertemu bis langsung indah di padang bai.
-          Naiklah bis terpagi/terdini hari di gilimanuk menuju padang bai. Sampai di padang bai jam 7 langsung naik kapal yang berangkat jam itu (secepat cepat anda bisa), lupakan sejenak makan pagi dan mandi (bagi yang suka mandi). Mengingatt kita mengejar bis langsung indah di terminal mandalika yang jam 13.00 sudah berangkat dan hanya ada sekali sehari. Jam 10 atau paling lambat jam setengah 11 kita sudah sampai di lembar, maka langsunglah cari angkot atau bus kecil ke terminal mandalika mataram. Dari terminal mandalika cari bis langsung indah dengan tujuan labuan bajo.
-           
bagaimana ke taman Nasional komodonya?
jadi basecamp kita adalah di labuan bajo. Kita harus mencaharter/menyewa kapal untuk ke taman nasional. Harga sewa kapal kayunya sanagt amat bervariasi. Untuk orang asing/bule dihitung harga perorang yang mencapai hitungan juta rupiah. Sedangkan untuk lokal dihitung perkapal. Satu kamal yang bisa dimuati sampai 10 orang harga berkisar 1juta-1,2 juta.  Kita bisa berangkat ke pulau komodo (4jam)atau rinca (2-2,5 jam), ingat sebaiknya pagi pagi sekali sebelum jam 8 karena setelah itu laut akan pasang dan ombak akan tidak bagus untuk kapal kecil macam ini. Hraga ini lebih sering tidak termasuk makan. Namun disediakan teh hangat dan pisang. Jika tidak banyak waktu dan cuaca tidak bersabat lebih baik cukup ke pulau rinca, di pulau ini lebih mudah menemukan komodo di banding pulau komodo. Namun di pulau komodo juga bisa melihat pink beach yang pasirnya tidak pink tapi agak agak merah samar.

sewa alat snorklicari saja sepanjang jalan banyak akan anda temui agen/biro biro wisata/ biro diving biasanya mereka juga menyediakan penyewaan alat snorkling. harga google 15.000, sewa fin 15.000 untuk satu hari.

Menginap dimana?
            Namanya tempat wisata, apalagi sudah dipromosikan secara internasional tentu saja sangat gampang menemukan tempat untuk menginap, apalagi tempat menginap yang mahal. Saagat gampang dan pasti tidak penuh karena pada peak season pun rate okupasi hotel disni hanya 50-60%. Ada namanya hotel waringin yang letaknya di bukit dengan pemandangan indah. Selain itu bisa dengan mudah ditemukan di sepanjang jalan labuan bajo (Cuma ada satu jalan utam kok).
Untuk penginapan murah meriah, datang lah ke rumah makan padang...bisanya hampir semua menyediakan tempat menginap. Yang pernah saya inapi adalah rumah makan padang yang letaknya di ujung jalan tepat di pasar dan pasar ikannya, letaknnya pinggir laut persisi, persisi depan pasar dan persis nempel pasar ikan. Lantai satunya untuk dagang nasi sedangkan lantai 2 nya di blok blok untuk penginapan. Harga semalam adalah rata rata 30.000 namun kalau sekamar berlima Cuma 100RB. Trus fasilitasnya apa?? Ya jelas dong Gak ada..selain air mandi yang ngadat dan harus hemat plus WC yang gak karuan (yang penting gak mampet aja kok) trus fasilitas jendela juga tidak tersedia. Tapi lumayan ada kipas anginnya meskipun gak kerasa sama sekali.

Transportasi disana?
Untuk keliling keliling labuan bajo ada 2 jenis transportasi utama
1.      Ojek dengan harga standar sesuai jarak. Ya 3ribu samapi 5 ribu kalau jarak dekat
2.      Angkot yang berwarna warni tapi punya trayek sama, lengkap dengan musik jedak jeduk, sopir gaul tindikan, plus hiasan hiasan bonek a di dalamnya. Cuma 2Ribu

Kalau uang cash habis?
Tenang saja di sana ada ATM BNI dan ATM BRI namun letaknya gak jauh. Dai pelabuhan sekitar 1,5KM (naik kendaraan naggung, jalan kaki jauh). Didekat pelabuhan ada bank BRI yang bisa juga buat ngambil cash namun harus bawa buku tabungan.

Kalau lapar?
Sepanjang jalan labuan bajo banyak restoran bahkan ada cafe semacam bar bar ecek ecek. untuk makanan dengan harga sehari hari tidak ada yang khas makanan lokal. Warung makan yang paling banyak adalah warung makan padang (tapi gak pake santan kental), kemudian ada juga makanan makanan umum seperti nasi goreng dan mie, jug ada makanan chinese, dan jawa. Refrensi harganya dalah nasi ayam yang di jogja 6.000 disana 15.000. nasi telor 9.000, nasi ikan 10.000. dengan harga es teh 2.000. yang buat saya khas dari sisni adalah cabe asli flores yang pedasnya membara. Benar benar pedas (tapi yang rawit asli daerah sini lo). Untuk sarapan bisa cari nasi kuning, atau uduk dengan harga murah (untuk disana) 5.000 di pasar sebelah pasar ikan.

Sinyal Hape?
Sinyak hape yang kenceng adalah telkomsel, yang lain yang antara ada dan tiada adalah indosat dan XL.  Penjual pulsa pun rata rata menjual pulsa telkomsel

Souvenir buat oleh oleh?
Yang paling jadi jagoan disini adalah patung patung kayu komodo dan kaos gambar komodo. Ada juga gantungan kunci (tapi jarang), tas tas semi batik dengan tulisan dan badge komodo. Harga sovenirnya selangit. Gantungan kuci paling busuk kecil aja @10.000, patung segede jempol kakai bisa 70.000. untuk kaos yang saringan tahu bisa 60.000 yang gaka bagusan dikit bisa 100.000 tau lebih. Makanya say tidak menyarankan untuk beli oleh oleh apalagi tasnya, tas tas ini di grosir dari jogja kemudian ditulisi atau di badge komodo. Jadi lebih mending beli badgenya saja dengan harga 8.000- 15.000 kemudian tempel di tas yang anada punya. Lebih oke kan.


3 comments:

  1. sangat informatif sekali sob !!!!! thanks

    ReplyDelete
  2. saya butuh informasi tempat untuk penawaran gantungan kunci,dgn bentuk komodo.trima kasih.

    ReplyDelete

thankyou for your comment..