Friday 29 April 2011

Bagaimana menuju sempu dari yogyakarta? (how to go to sempu island from yogyakarta?)

#bagaimana cerita journey saya ke Sempu?? klik disini

laguna segara anakan- sempu dari dekat 
Kapan sebaiknya anda pergi?
Kapan pun anda bisa pergi ke sempu tapi akan jauh lebih baik anda pergi pada musin kemarau yaitu bulan april – oktober. Karena jika musim hujan, trekking akan sanagt berlumpur dan menyusahkan anda sendiri.

Dengan siapa sebaiknya anda pergi?
Dengan siapa pun itu terserah anda, yang jelas pergi berombongan akan lebih baik karena akan menghemat biaya seperti biaya masuk dan biaya transportasi perahu. Jumlah ideal adalah 10 orang.

Apa saja barang yang harus anda persiapkan?
Barang khusus yang harus anda persiapkan adalah sepatu karet dengan alas bergerigi (mirip sepatu bola) yang kuat tapi jelek dan kamu tidak sayang membuangnya jika rusak. Tapi saya sendiri trekking pulang pergi tanpa alas kaki (tidak direkomendasi untuk yang belum terbiasa). Barang lain yang penting adalah sunscreen lotion alias sunblok alias tabir surya. Pemandangan dan suasana riang sering membuat anda lupa sampai anda sadar kalo badan anda belang belang terutama leher dan lengan.  Bawalah alat snorkling sendiri (bagi yang punya) atau minimal kaca mata renang. Oh ya, tentunya bawalah kamera anda selalu, dokumentasi adalah hal paling mahal yang anda dapatkan dari sebuah travelling.

Bagaimana cara pergi sempu  dari yogyakarta dan berapa biayanya ? (how to go to sempu from yogyakarta and how much the cost you have to pay?)
transportasinya
Secara kasar, alur perjalanan kita adalah yogyakarta – (bisa lewat surabaya dulu) -
Malang – gadang – turen – sendang biru – pulau sempu.

  • Dari yogyakarta menuju malang bisa di tempuh dalam beberapa cara.

1.       Pertama menggunakan bis dari jombor/giwangan berangkat malam, sampai pagi hari di  terminal arjosari malang (eksekutif dengan waktu temph 10 jam seharga 125-150 ribuan = mahal),
2.        kereta api malabar(kereta ekonomi AC) dari stasiun tugu ke malang seharga 80 ribu (berangkat jam 23.30)
3.      kereta api ekonomi gaya baru malam selatan seharga 26 ribu (berangkat dari lempuyangan jam 23.30, sampai di stasiun surabaya gubeng jam 6 pagi) dilanjutkan ke malang dengan kereta ekonomi penataran (3jam)  jurusan blitar seharga 4.500 rupiah.
4.      kereta jogja-solo dengan pramex atau madiun jaya seharga 9ribu, dari solo mencari kereta ke kediri/surabaya/malang (semua jalur ke arah kota ini baik dari jalur utara dan selatan pasti lewat solo). Jadi piliah menjadi lebih flexibel.
  •           Malang – gadang, naik angkot/angkutan umum dengan tarif 3ribu selama 15-30 menit.
  •         Gadang – turen, angkutan umum seharga 5ribu selama 1 jam (jangan tertipu tawaran tawaran calo angkot)
  •          Turen – sendang biru, angkutan umum (angkot biru) seharga 12ribu selama 2-3 jam
  •         Sewa perahu, pulang pergi (janjian di jemput jam berapa..dan jangan lupa minta no hape pemilik perahunya) seharga 100ribu/perahu, jadi kalau dengan jumlah ideal 10 orang, harga menjadi 10ribu/orang

laguna segara anakan-sempu dari jauh


Biaya administrasi lain ?
  • -          biaya masuk kawasan sendang biru sempu, 3ribu/orang
  • -          biaya parkir, 5ribu/mobil
  • -          biaya bayar ke petugas balai konservasi, jika satu orang berilah 20 ribu. Saat itu saya bersepuluh dan saya beri 50ribu.
  • -          Biaya guide satu hari untuk satu kelompok sebesar 100ribu., jadi perorang hanya 10ribu.
  • -          Biaya toilet umum, 1000 rupiah


Adakah penginapan?
Jika anda tiba di sendang biru pagi hari, anda bisa melakukan one day trekking. Berangkat pagi pulang sore, jadi tidak perlu menginap. Tetapi jika tidak maka :
  • -          jika anda bisa membawa tenda, anda bisa menginap di tepi segara anakan dengan konsekuensi anda harus kuat trekking sambil membawa tenda plus membawa makanan lebih atau alat masak.
  • -          Anda bisa bermalam di sendang biru di penginapan milik  balai konservasi hutan, letaknya dekat dengan posko konservasi (kalau bingung, tanya saja penduduk sana atau bapak yang dinas ajaga sambil mengurus ijin ke pulau sempu), siapkan uang paling banyak 50 ribu/orang

#bagaimana cerita journey saya ke Sempu?? klik disini

-           









No comments:

Post a Comment

thankyou for your comment..